Mereka telah pergi.. Tapi akhirnya kembali..

Posted: at 9:06 am - Category:
Nama: Daniel Pauly Retraubun (2008)
Pekerjaan: Mahasiswa (S2)

Ahhh, kuliah lagi kuliah lagi.. Gamenet seputaran Babarsari udah “memanggil” nih! Hal ini yang selalu terlintas bersama teman-teman seperjuangan ketika badmood di jam kuliah datang. Lalu apa cerita inspiratifnya?

Begini ceritanya.. *iringan musik pembuka*

Sekitar pertengahan tahun 2013, aku sedang asyik-asyiknya main DOTA 2 di gamenet seputaran Babarsari. Tapi, ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Apakah itu? Ternyata, hampir semua teman-teman seperjuangan TF’08 sudah pakai toga! Ya, sudah LULUS! Bahkan beberapa diantaranya sudah hijrah ke berbagai kota untuk mengukir masa depan. Rasa sedih, marah, terharu, senang, bercampur menjadi satu. Badmood yang sesungguhnya pun datang.. Pokoknya bagaimanapun caranya, harus lulus! Ketika support-support yang biasa didapatkan sudah tidak ada, disitulah pembuktian diriku yang sebenarnya..

Sejujurnya, aku suka dengan hal-hal yang berbau IT. Tapi siapa yang menyangka, ternyata kuliah IT tak pernah lepas dari yang namanya Matematika. Aku tidak terlalu menyukai matematika, ditambah lagi waktu SMA aku “bertengger” di jurusan IPS.

Waktu sudah mulai skripsi, aku merasakan badmood yang makin menjadi-jadi. Gimana kalau gagal, gimana kalau begini, gimana kalau begitu, gimana kalau ini, gimana kalau itu. Tapi perlahan-lahan aku teringat teman-teman seperjuanganku. Aku menjadikan mereka, sumber inspirasiku. Mengapa? Karena pahit manisnya kuliah di UAJY itu, kami rasakan bersama, bukan keluarga dan bukan juga dosen. Karena bagi saya, keluarga dan dosen hanya sebagai sumber motivasi.
Dan pada akhirnya, setahun kemudian, 29 November, terbayar sudah semua niat dan usaha yang awalnya suam-suam kuku itu. Meski demikian, teman-teman seperjuangan telah pergi.. Tapi di tahun 2017 ini, ternyata mereka akhirnya kembali, kembali menceritakan kisah-kisah menuju kesuksesan mereka.

Bagi yang masih kuliah, dan kebetulan sedang membaca tulisan ini.. Jangan berkecil hati, kalau teman-teman seperjuangan sudah lulus duluan.. cukup buktikan dirimu mampu dan bisa seperti mereka.

Sukses selalu!